“S E L A M A T D A T A N G”

Rabu, 25 Agustus 2010

Kantong Semar (Nepenthes sp)


Kantong semar (Nepenthes sp) adalah Genus tanaman yang termasuk dalam famili monotipik. Tanaman yang terdiri atas sedikitnya 103 spesies ini mempunyai keunikan karena hampir seluruhnya merupakan tanaman karnivora, pemakan daging. 
Tumbuhan pemangsa serangga ini biasa hidup pada daerah-daerah terbuka di habitat yang miskin unsur hara dengan kelembaban udara cukup tinggi. Hutan hujan tropis dataran rendah, hutan pegunungan, hutan gambut, hutan kerangas dan gunung kapur adalah sederetan habitat asli kantung semar.
Kantong semar memiliki keunikan tersendiri untuk memenuhi asupan nitrogen bagi pertumbuhannya. Tumbuhan ini dapat menarik perhatian serangga dengan cara mengeluarkan aroma tertentu dari organ berbentuk kantong yang dimilikinya. Bila serangga sampai di sekitar bibir kantong, maka akan tergelincir ke dalam kantong karena sifat permukaan kantong yang licin. Di dalam organ kantong, terdapat suatu jenis cairan yang dapat menyebabkan serangga tidak dapat keluar dan akhirnya mati.
Kantong Semar termasuk tumbuhan yang langka dan mendekati kepunahan. Karenanya tanaman ini dilindungi berdasarkan Undang-undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya. Juga peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Covention of  International Trade in Endangered Species (CITES) mengategorikannya dalam Appendix-1 (2 spesies) dan Appendix-2.

1 komentar:

  1. klo gitu tanaman ni perlu dilestarikan jg toh... jika tau gitu waktu mo dikasih temanku hrsx kuambil, kurawat & kujaga... ntar aq minta lg ja...
    apalagi yg perlu dilindungi, cil? biar nambah pengetahuan...

    BalasHapus